React OS, Sistem Operasi Free Microsoft

ReactOSNyoba-nyoba operating system baru, namanya ReactOS. ReactOs adalah free dan opensource operating system yang arsitekturnya mengikuti Windows. Size dari master filenya tidak lebih dari 16 MB, mungkin bisa di sebut sebagai OS terhemat dalam penggunaan spacenya. Tampilan GUI-nya gak jauh beda dengan Microsoft Windows, dan setelah di coba install ternyata file system-nya menggunakan FAT. Dari beberapa screenshoot yang ada di web ReactOS terlihat kehandalannya dengan di install beberapa aplikasi keluaran dari Microsoft.

Hanya ada beberapa kendala ketika saya mencoba untuk install di dalam vmware. saya coba install aplikasi Microsoft Office ternyata dia meminta privilage administrator, kemudian saya coba untuk logout dan ternyata dia langsung shutdown. mungkin bila di install langsung tanpa menggunakan vmware akan berhasil.

Untuk setup jaringannya juga ada kendala, dia belum mengenal standar NIC yang tersedia di vmware. tetapi untuk sound device dia sudah terdeteksi, dan tampilan graphics nya sudah cukup halus dan mampu sampe 1600×1024. Mungkin nanti malam saya akan mencobanya menggunakan komputer di rumah.

Oh iya di site ReactOS sendiri menyediakan Iso-Image dan Live-CD, jadi bagi yang ingin mencobanya silahkan pilih, apakah mau langsung install atau mencoba Live-CD-nya dulu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s