OS Portable Via USB

Pernah terbayang membawa sistem operasi kedalam flashdisk di saku anda?? Setidaknya hal tersebut belum pernah terpikir dalam benak masyarakat umum beberapa tahun sebelum ini. Namun hal itu kini sangat mungkin untuk dilakukan… sekali lagi sangat mungkin untuk dilakukan.

 

Ide OS dalem flashdisk sebenarnya terlitas waktu gw nonton film bloody monday (damn…great film). Dimana falcon (Takagi Fujimaru) yang merupakan seorang hacker (kayaknya cracker deh kalo diliat sampe episode-9) yang memiliki flashdisk keramat dapat melakukan penetrasi jaringan dan kegiatan – kegiatan yang sering disebut hacker (cracker mestinya). Yang jadi fokus utama sebenernya bukan masalah gimana dia nge-hack suatu sistem, tapi lebih kearah gimana dia membawa “device tools” ato bahasa mudahnya “komputer mininya” kemana saja, kapan saja, dan di kondisi apapun.

 

Cukup dengan menancapkan flashdisk di PC/Laptop lalu melakukan setting bios untuk usb-boot priority, jadilah komputer tersebut dengan “sistem operasi pribadi” yang siap digunakan untuk berbagai keperluan. Adapun langkah – langkah atau prosedur bagaimana usb biasa menjadi “usb luar biasa” ini akan gw coba ceritain di post ini

 

Requirementnya gak banyak, hanya perlu:

  • USB dengan kapasistas dari 128 MB sampe 2 GB (Gw pake 8 GB karena ada 4 OS di flashdisk dengan masing – masing kelebihan).
  • PC/Laptop yang siap jadi “korban” dengan dukungan usb-boot (bisa diliat di bios atau boot priority).
  • Beberapa tools untuk membuat OS menjadi portable.
  • Ehm.. kemauan keras (termasuk koneksi internet yang dikeraskan untuk download .ISO Operating System dan pantat yang siap mengeras karena kebanyakan duduk ).

 

Sebelum kita mulai untuk meramu OS portable, ada baiknya gw terangin jenis portable yang ada, gak banyak hanya 2 jenis :

  • OS USB LiveCD, OS ini hanya dapat melakukan boot dan bekerja di komputer tanpa memiliki kemampuan untuk “menyimpan” layaknya sistem operasi yang di install.
  • OS USB CUSTOM, sehingga dapat menyimpan (persistent) dan “seolah-olah” menjadi sistem operasi yang di install pada komputer (kenapa gw bilang seolah-olah, akan dijelaskan di pembahasan dibawah)

 

Oke.. gak usah banyak ini-itu lagi, kita langsung “praktekin aja”

OS USB LiveCD

 

Untuk membuat OS USB LiveCD, kita perlu menyiapkan beberapa kebutuhan. Pertama adalah kita menentukan OS mana yang mau dipilih, kali ini gw make LinuxMint-6.0 Fellicia yang merupakan customisasi dari Ubuntu 8.10 Interpid. Yang kedua tentukan tools boot usb mana yang mau digunakan, beberapa tools usb-boot yang pernah gw coba dan terasa akan “kemudahan GUI-nya” diantaranya:

  • · Unetbootin untuk windows dan linux, Unetbootin memiliki kelebihan yakni user tidak harus memiliki .ISO untuk “meramu” menjadi USB OS karena Unetbootin dapat melakukan download file yang tentu saja ehm… perlu koneksi internet rada gede. Bwat pengguna windows gw saranin si pake gigaget yang gratisan aja, ni download manager bagus banget nggak kalah sama IDM yang berbayar (dapat mencari multiple source place), bwat pengguna linux dapat memanfaatkan add-ons firefox download-ThemAll! Yang lumayan tangguh

 

  • · Fedora live-usb creator untuk windows dan linux, tools yang sederhana namun cukup tangguh. Dapat memberikan persistent storage maksimal 2GB sehingga flashdisk menjadi powerfull

 

Untuk unetbootin gw tampilin screenshot yang dijamin pembaca pasti langsung mengerti begitu melihat (kalau tidak paham bisa beri comment yang akan dibantu lewat comment juga)

unetbootin

unetbootin

Tidak jauh berbeda dengan diatas, fedora live-usb memiliki fungsi yang mudah dimengerti sehinga dapat dipahami sekali lihat

fedora

fedora-USB

4 thoughts on “OS Portable Via USB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s