Sabayon 5.0: Distro MultiMedia Dengan Tampilan Baru

Nah ini temen2 baru bagus untuk Multimedia,,, Versi 5.0 dari distribusi Linux berbasis Gentoo: Sabayon telah dirilis dengan peningkatan dukungan Hardware berikut penampilan baru. Driver kartu VGA untuk Nvidia dan AMD/ATI dan aplikasi Multimedia-Center XBMC 9.04.1 bawaan Sabayon 5.0 mendukung agar langsung bisa memutar Film HD resolusi tinggi di desktop.

Seperti pada versi sebelumnya, Sabayon 5.0 menerbitkan edisi untuk arsitektur 32-Bit dan 64-Bit yang masing-masing menyediakan desktop GNOME atau KDE. Sebagai lingkungan desktop Gnome dipasang versi 2.26, sedangkan edisi dengan KDE menyertakan versi KDE-Desktop 4.3.1.

sabayon 5.0

sabayon 5.0

Perubahan mencolok adalah dalam hal design yang kini menampilkan Sabayon dengan theme anyar kontribusi komunitas, disamping mengemas banyak aplikasi desktop yang mendukung urusan hari-hari terutama dari sisi pengguna Multimedia.

Sabayon yang tersedia dalam format Live-DVD ini sudah disiapkan untuk di jalankan di Netbooks berikut opsi untuk OLPC (One Laptop Per Child). Ia menyediakan installer baik mendukung grafis maupun teks dan mampu di boot langsung untuk menjalankan aplikasi Media-Center XBMC. Sebagai sistem berkas default dipasang Ext4 file system dengan opsi (saat instalasi) yang mengaktifkan sandi dmcrypt.

Desktop Sabayon 5.0 langsung mengaktifkan efek 3D saat booting dan berfungsi selama kartu grafis yang terpasang mendukungnya. Bersama aplikasi lainnya, disertakan bersama Sabayon 5.0 aplikasi mendukung pekerjaan kantoran yaitu suit OpenOffice.org versi 3.1 dan banyak software lainnya terutama untuk Multimedia.

Sebagai pengelola paket, pengembangnya memilih Entropy yang saat ini mencapai versi 0.99.3 dan paket aplikasi tambahan siap pakai (terkompilasi) tersedia di repositori Sabayon secara on-line.

Sabayon Linux is adalah distribusi yang menggunakan Gentoo
Linux sebagai basis, menawarkan lingkungan desktop yang atraktif
dan mudah digunakan, mendukung out-of-the-box fitur jejaring
nirkabel, Adobe’s Flash Player, Sun’s Java technology, OpenOffice.org,
Webrowser Mozilla Firefox dan Opera, Google Earth, Picasa,
Adobe Reader, VLC and dan banyak aplikasi lainnya.

One thought on “Sabayon 5.0: Distro MultiMedia Dengan Tampilan Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s