Ubuntu 9.10 Karmic Koala Rilis

Nah kalo yang ini untuk keluarga Ubuntu dkk teman-teman. …

Sebagaimana dijanjikan, Ubuntu 9.10 sebagai Karmic Koala telah hadir tepat waktu pada tanggal 29 Oktober 2009. Dukungan untuk versi ini tersedia selama 18 bulan, sementara desktop edisi LTS yang lahir April 2008 (Hardy Heron) masih mendapat dukungan samapi tahun 2011 dan server 8.04 bahkan sampai tahun 2013.

Ubuntu910 screen

Ubuntu910 screen

  • Daftar singkat pembaruan di Ubuntu 9.10:

    Desktop GNOME 2.28

    Upstart (Booting lebih cepat)

    Empathy IM (menggantikan Pidgin)

    Login Manager baru

    Quickly (memudahkan pengembangan aplikasi)

    Ubuntu One (Cloud Based Sharing & Storage)

    Linux Kernel 2.6.31

    Perubahan untuk Power Management

    Arsitektur Video Driver baru dari Intel

    Ext4 File System by Default

    Grub 2 by Default

    Ubuntu Software Center

Cukup banyak pembaruan dan inovasi yang dibawa Karmic Koala untuk versi Ubuntu 9.10 ini dibandingkan versi-versi sebelumnya. Kecuali itu, ia banyak mendapat perbaikan kosmetik yang memberikan kesan lebih anggun membungkus sejumlah teknologi baru yang meningkatkan kemampuannya

Dukungan Hardware Lebih Baik

Spektrum dari pembaruan teknis yang dipasang secara default adalah mulai dari sistem berkas, sistem booting, pengelola hardware dan banyak paket software aplikasi baru yang disertakannya. Walaupun sebagian dari pembaruan yang dimaksud sudah pernah diperkenalkan pada versi Ubuntu sebelumnya, namun mulai saat ini ia merupakan bagian utama dan diterapkan secara permanen di Karmic Koala.

Standar sistem berkas yang dipasang adalah Ext4 menggantikan standar EXt3 sebelumnya. Sistem berkas baru lain seperti Btrfs juga tersedia di Ubuntu 9.10 agar yang ingin melakukan uji coba dapat ber-eksperimen.

 

Serentak dengan penggunaan Ext4, pengembang Ubuntu 9.10 mengadopsi Bootmanager GRUB2. Walaupun dari luar Bootmanager ini tampil tidak berbeda dari sebelumnya, namun didalamnya telah ditingkatkan dan memungkinkan Kernel Linux tidak hanya melakukan start dari Ext4 saja, tapi juga dari partisi LVM dan partisi RAID.

Kernel Linux 2.6.31 yang menjadi mesin dari Sistem Operasi ini meningkatkan sokongannya terhadap banyak hardware. Ubuntu 9.10 mendukung sejumlah chip baru untuk WLAN dan jaringan. Edisi Ubuntu Netbook Remix (UNR) diklaim nyaris tanpa masalah untuk dijalankan di semua Netbook.

Mendukung Multimedia juga banyak driver baru yang dikemas bersama Karmic. Fitur Suspend to Disk dan Suspend to RAM diklaim berjalan lebih handal di berbagai jenis komputer. Pengguna hardware terkini akan dimanjakan dengan mekanisme penggunaan listrik yang lebih hemat.

Bersama versi Ubuntu 9.10, secara bertahap pengembangnya menggantikan Hardware Abstraction Layer (HAL) yang bertugas sebagai “calo” antar Desktop, System dan Hardware dengan tools lainnya. Untuk mendeteksi perubahan hardware seperti halnya saat mencolokkan USB-Drive misalnya, kini digunakan paket Udev. Untuk mengatur memori dan mengelola catudaya ditugaskan DeviceKit-disk dan DeviceKit-power, sementara untuk regulasi ditugaskan PolicyKit. Dengan demikian, lambat laun HAL akan ditendang dari Ubuntu secara keseluruhan.

Booting Lebih Cepat

Ubuntu 9.10 dalam menangani proses booting sepenuhnya beralih dari System-V-Init ke sistem Upstart. Walaupun Upstart juga ditemukan pada versi Ubuntu sebelumnya, namun saat itu dibaliknya tetap bekerja skrip SysV-Init, dan belum seratus persen memanfaatkan mekaniseme Upstart.

 

booting ubuntu910

booting ubuntu910

 

 

Pada versi 9.04 Jaunty misalnya, proses booting telah menunjukkan peningkatan kecepatan signifikan. Walaupun saat itu ia masih menggunakan SysV-Init, peningkatan tersebut bisa dicapai terutama karena didongkrak oleh optimasi pengenalan hardware dan sejumlah proses yang berlangsung secara parallel. Karmic Koala kini diklaim mampu melompat sekitar 30 persen lebih cepat lagi, karena ia booting menggunakan Upstart.

Dalam hal keamanan, Ubuntu 9.10 menawarkan kemudahan dalam menerapkan opsi sandi (enkripsi) untuk folder Home menggunakan teknik eCryptfs. Opsi itu ditawarkan saat proses instalasi berlangsung. Pengaman lainnya dilakukan menggunakan AppArmor yang kali ini diterapkan secara menyeluruh dan intensif.

Fitur lain yang menarik dan disambut positif oleh banyak pengguna adalah “Software Center”. Ia ibaratnya sebuah gerai software yang didisain untuk memudahkan pengelolaan software, baik saat menginstalasi aplikasi baru atau menghapus (uninstall) aplikasi yang telah terpasang. Di gerai software ini bisa ditemukan segala software aplikasi yang ada untuk Ubuntu (masing-masing dengan keterangan kegunaannya) termasuk driver proprietari, Codec untuk Multimedia atau Flash-Installer, baik yang bebas maupun yang non-free. Software Center dapat diaktifkan langsung dari menu dan sangat memudahkan pengguna baru di Linux dalam hal memilih software alternatif.

Kemudahan akses terhadap layanan baru “Unbuntu One” dari Canonical, juga di integrasikan di Ubuntu 9.10. Pengguna Ubuntu One disediakan spasi sebesar 2 GByte secara cuma-cuma yang dapat digunakan, tidak hanya untuk penyimpanan berkas saja, namun juga misalnya untuk note dari Tomboy, informasi dari PIM yang di sinkronisasi dengan Evolution. Dengan demikian dimungkinkan semua instalasi Ubuntu senantiasa terisi informasi yang up-to-date. Sinkronisasi dilakukan menggunakan CouchDB, yaitu database dibawah proyek Apache yang berorientasi dokumen. Pengguna harus memiliki akun Launchpad agar bisa memanfaatkan layanan Ubuntu One.

One thought on “Ubuntu 9.10 Karmic Koala Rilis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s