Download Aplikasi Ubuntu dari repo terdekat

Pada tutorial kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana sih caranya mengganti sumber download atau repo Online dari Ubuntu, setiap kita ingin menambahkan aplikasi baru di ubuntu kita bisa menggunakan cara dengan mengetikkan di terminal “apt-get instal <nama aplikasi>” dan secara otomatis aplikasi yang akan diinstall didownload dari internet atau repository.

Nah alamat dari repositorinya itu secara default menuju ke repository yang ada di amerika sana,jadi untuk proses install aplikasi akan berjalan agak lama karena rujukan servernya ada di USA sana. Nah bagaimana cara mengganti alamat atau link dari repository agar mirror ke server lokal di indonesia. Berikut langkahnya :

Software Sources

Software Sources

Cara I :
Masuk ke System > Administration > Software Sources
Pada Tab Other Software, klik add kemudian masukkan link mirror terdekat
Cara II :
Masuk Ke Terminal (Console)
Login Sebagai root dengan cara sudo su <password>
Ketikkan

gedit /etc/apt/sources.list

Ketikkan link mirror terdekat.

NB : yang menjadi catatan adalah dimana kita bisa mengetahui alamat mirror repo terdekat, caranya kita tanya aja sama mbah google dimana letak mirror repo di indonesia. Untuk yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya mirror terdekat ada di http://cicak.klas.or.id atau untuk wilayah madura bisa di mirrornya trunojoyo yakni http://sapeh.trunojoyo.ac.id, untuk mengetahui link mirror nya anda akses aja situs cicak tadi dan cari pada bagian Ubuntu 9.10 kemudian copy link repo yang ada disitu dan pastekan pada sources.list tadi. Oke selamat berubuntu ria.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s