Berawal dari sebuah kegagalan,,,,

bukan novel ataupun roman,, ini hanya sekedar cerpen seorang anak ingusan…. yang ditolak kesana kemari kayak bola pingpong

Saat itu si Ghali masih baru lulus dari MTsN Tambakberas Jombang, saat itu saya ingin sekali untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri Favorit di Kota Jombang setelah mendaftar kesana kemari mulai dari SMA 2, SMA 3 dan lain-lain, ternyata pada akhirnya semuanya menolak saya untuk masuk ke SMA tersebut, sebelumnya sih saya sudah sadar kalau nilai UN MTs dan kemampuan akademik  saya memang tidak mumpuni untuk bisa bersekolah di SMA-SMA Favorite tersebut tapi saya cuma ingin mencoba karena sekali-kali saya juga ingin bisa bersekolah di Sekolah Favorite.

Akhirnya, cita-cita saya untuk sekolah di SMA Negeri pun pupus, kemudian saya mendaftar pada sebuah sekolah kejuruan swasta di lingkungan pesantren saya tepatnya di SMK TI An-Najiyah Tambakberas dan sejak saat itulah saya mulai ingat dengan keinginan saya dulu untuk belajar teknologi yang sempat tenggelam karena keinginan yang besar untuk masuk SMA favorit dalam hati kecil saya berkata (ada hikmah juga saya tidak diterima di SMA tersebut). sejak saat itulah saya memulai kembali hobby saya tentang dunia IT yang telah lama tenggelam,

Berawal dari sebuah sekolah kecil dengan 10 siswa untuk jurusan saya waktu itu dengan total 24 siswa untuk semua jurusan saya dan teman-teman mulai belajar mengenal dunia IT, saat itu kami adalah angkatan ke 3 di SMK yang berdiri tahun 2004 ini. Saat itu belum ada perpustakaan di sekolah kami, ruang kelaspun masih kurang layaknya kisah di Novel Laskar Pelangi. Kami sadar sekolah kita masih baru dan siswanya pun masih sedikit, dana untuk pembangunan masih belum ada bahkan untuk gedung sekolahpun kita masih meminjam, tapi ada keinginan yang besar dari kami untuk bisa mahir dunia IT, berawal dari inilah kami memulai membeli buku-buku IT dan mempelajarinya dengan Otodidak atau mencari sumber resource di internet serta melakukan belajar bersama di Lab Sekolah.

10 Orang itu.......

Bermodalkan semangat dan keinginan kitaterus belajar, karena hanya itulah yang kita punya, dan alhamdulillah usaha kami membuahkan hasil, apa yang kita pelajari saat itu ternyata bisa menjadi sebuah skill dan karya ….

Yang dapat saya ambil dari kisah hidup diatas adalah

Dimanapun kita menempuh pendidikan apakah itu di sekolah maju ataupun sekolah tertinggal itu tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah adanya sebuah kesadaran, keinginan dan tindakan untuk menjadi lebih baik. Jangan pernah menyesal jika anda pernah menempuh pendidikan di Lembaga pendidikan tertinggal, jadikan kelemahan itu sebagai kekuatan baru anda untuk menjadi superman. Kita semua sama yang membedakannya adalah ketaqwaan dan pola pikir.

NB : ini adalah sebuah coretan dari seorang anak ingusan atau orang gila dari desa yang beberapa kali ditolak mentah-mentah untuk masuk SMA Negeri karena nilainya jelek yang akhirnya masuk SMK Swasta, jadi gak usah didengarkan…….

12 thoughts on “Berawal dari sebuah kegagalan,,,,

  1. Okelah kalo begitu…. Smangad terus ghal…. Walau gak diterima di sma favorit, tapi si ghal tambah……
    siip wae……

  2. ceritamu sangat bagus. Make me want to cry.
    q jd terharu….:-(
    semangat ya….jngan pernah menyerah.
    semoga apa yang menjadi keinginan dan impianmu dapat tercapai.Amin…..

Tinggalkan Balasan

