Kuliah Sekedar Mencari Nilai dan Pekerjaan ?

Kuliah sekedar mencari nilai dan pekerjaan ?

Itulah sebuah pertanyaan yang teringat saat waktu saya SD kelas 4,  yang terpikir oleh bocah ingusan sperti saya saat itu adalah sekolah untuk mencari nilai baik di sekolah,, yang terpikir saat itu adalah bagaimana mendapat nilai 100, jujur waktu itu jika ada ujian tulis (misal UAS, Ulangan dll) saya sering mendapatkan nilai jelek tidak tau kenapa jika untuk ujian tulis saya selalu mendapat nilai kurang baik. Saya sendiri lebih suka jika diadakan ujian lisan/ langsung praktek dari pada harus ujian tulis karena saat itu saya tidak terlalu peduli terhadap nilai tapi yang saya pikirkan adalah bagaimana saya bisa bisa dan bisa..

Tapi yang saya herankan adalah kenapa saat itu saya selalu mendapatkan Ranking 1 di kelas padahal saat UAS atau Ulangan nilai saya tidak begitu bagus. Selidik punya selidik Ternyata setelah saya amati ternyata guru-guru di SD saya tidak menilai anak didiknya dari nilai yang tertulis pada selembar kertas melainkan pada tingkat kemampuan dan skill seorang siswa.

Pak Guru saya bercerita : Ghalib, “Innamal A’malu bin niat” Segala sesuatu itu tergantung niatnya. Jika seseorang menuntut ilmu dan yang dicari adalah Nilai maka dia hanya akan mendapatkan Nilai tersebut sebaliknya jika yang dicari adalah skill / keahlian maka yang keahlian dan pengetahuanlah yang akan ia dapat. Jadi seseorang itu tidak dilihat dari nilai pada selembar kertas tapi dilihat dari bagaimana dia benar-benar memahami ilmu yang telah ia peroleh.

Kalau boleh saya contohkan : Bill Gates adalah Mahasiswa DO(Drop Out) dari salah satu Universitas di USA, tapi dia berhasil mendirikan sebuah perusahaan software ternama MICROSOFT terlepas dari kontroversi yang ada. Itu karena yang dia cari bukanlah nilai melainkan sebuah keahlian dan skill.

Udah dulu ya ntar tak terusin lagi coz capek ni mau istirahat dulu.

2 thoughts on “Kuliah Sekedar Mencari Nilai dan Pekerjaan ?

  1. Sep ghal…
    Tujuan kuliah/sekolah menurutku :
    1. Cari ilmu (segala macem ilmu)
    2. Cari Ijazah dgn nilai baik
    3. Memperbanyak teman dan sahabat (jangan cari musuh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s