Database di J2ME

Perangkat bergerak, sama halnya dengan PC, memiliki media untuk menyimpan program dan datanya. Media yang dimaksud adalah memori, baik yang bersifat volatile maupun non-volatile. Sehubungan dengan kebutuhan untuk menyimpan dan mengelola data di perangkat bergerak, platform J2ME menyediakan Record Management System (RMS). Kemampuan RMS di platform J2ME serupa dengan kemampuan JDBC di platform J2SE atau J2EE, tentunya dengan keterbatasan dalam lingkungan yang memiliki sumber daya rendah. Dengan adanya RMS, data aplikasi tidak perlu selalu disimpan di database server melalui koneksi Internet.

Untuk belajar menggunakan RMS, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui kelas dan interface yang didefinisikan pada paket RMS.

rms

RecordStore pada paket RMS menyediakan fungsionalitas untuk menyimpan data pada perangkat bergerak. RecordStore merepresentasikan sebuah lokasi penyimpanan data permanen. Data yang disimpan di dalam RecordStore direpresentasikan dalam bentuk record. Record dapat diartikan sebagai data yang disimpan dalam suatu byte array. Ukuran dari byte array dapat bervariasi untuk setiap record.

Informasi yang disimpan di record store tergantung pada aplikasi yang dibuat. Ketika berkerja dengan RecordStore, pembuat aplikasi perlu memperhatikan limitasi RMS.

  • RMS menyimpan record dalam format byte array (byte[]).
  • RMS memberikan id yang unik untuk setiap record. Pada saat data disimpan di dalam obyek RecordStore, setiap record mendapatkan id yang unik. Id yang diberikan dimulai 1 (satu) dan id tersebut tidak dapat digunakan kembali. Hal ini berarti setelah record dihapus dari obyek RecordStore, id yang telah diisi untuk record tersebut tidak lagi valid untuk digunakan.

Id record akan diberikan secara terurut sehingga pembuat program dapat menggunakan penyataan for untuk melakukan iterasi record di dalam obyek RecordStore. Tetapi pada saat sebuah record dihapus dari obyek RecordStore, id record tersebut tidak dapat digunakan kembali sehingga menimbulkan masalah di dalam penggunaan pernyataan for.

Untuk mengatasi masalah tersebut, platform J2ME menyediakan antarmuka RecordEnumeration. Antarmuka ini mirip dengan antarmuka Enumeration pada platform J2SE. Antarmuka RecordEnumeration memfasilitasi proses pengulangan dalam obyek RecordStore tanpa harus mengetahui nilai id record.

Untuk melakukan filter dan pengurutan atas record yang diinginkan, maka pembuat program dapat menerapkan antarmuka RecordFilter dan RecordComparator, yang masing-masing menyediakan fungsi matches dan compare yang perlu didefinisikan oleh pembuat program sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang hendak dibuat. Sedangkan antarmuka RecordListener digunakan jika pembuat program ingin menambahkan fungsionalitas setiap kali record ditambah, diupdate, atau dihapus.

2 thoughts on “Database di J2ME

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s